Pengukuhan KIM oleh Bapak Sunaryanta Bupati Gunungkidul

Dian Prasetyo 21 Februari 2024 09:00:35 WIB

Selasa, 20 Februari 2023, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tingkat padukuhan di Kapanewon Girisubo.

Pada agenda yang berlangsung di Rumah Budaya Kalurahan Karangawen ini dikukuhkan 49 kelompok yang terbentuk dari 8 Kalurahan di Kapanewon Girisubo.

Dalam kesempatan tersebut, Sunaryanta menyampaikan keprihatinannya mengenai distorsi informasi yang kerap terjadi. Informasi dari sumbernya atau dari pemerintah di tingkat atas tak sepenuhnya benar atau tak utuh lagi saat sampai ke masyarakat.

Dengan hadirnya KIM, dia berharap informasi yang valid dapat tersampaikan secara efektif dan efisien. Sebaliknya, informasi yang perlu segera diketahui dari tingkat bawah juga akan cepat sampai ke pemangku kebijakan.

Dia juga mendorong, perkembangan teknologi informasi digital pada dewasa ini agar dimanfaatkan sebaik mungkin. Begitu juga dalam rangka menjalankan peran sebagai anggota KIM.

Pembentukan KIM merupakan langkah penting dalam menciptakan masyarakat informatif yang mandiri dan cerdas. Masyarakat yang turut serta dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Anggota KIM akan menjadi digital talent di tingkat padukuhan. Mereka akan membantu penyebaran informasi dengan baik dan benar. Mengarah pula pada fungsi perekonomian. Baik penciptaan wirausaha baru maupun pengembangan yang sudah ada dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi yang makin modern.

Selain pengukuhan KIM, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul juga melakukan penyerahan spesimen Tanda Tangan Elektronik (TTE) kepada para lurah di Kapanewon Girisubo.

TTE ini digadang akan mempercepat proses kerja secara digital. Sebelum penyerahan Dinas Kominfo telah bekerja menyiapkannya sejak bulan Agustus lalu. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung