Pelatihan Tanggap Bencana Kalurahan Jerukwudel

Dian Prasetyo 13 Desember 2023 12:31:53 WIB

Kalurahan Jerukwudel melaksanakan kegiatan pelatihan Tanggap Bencara Kalurahan Jerukwudel dengan tujuan agar saat terjadi bencana dapat melakukan koordinasi dan penanganan yang cepat, tepat, efektif, efisien, terpadu, dan akuntabel diperlukan dalam penanggulangan bencana agar dampak yang ditimbulkan dapat dikurangi. Dalam penanggulangan bencana, khususnya dalam fase tanggap darurat harus dilakukan secara cepat, tepat, dan dikoordinasikan dalam satu komando. Untuk melaksanakan penanganan tanggap darurat, pemerintah yang diwakili oleh BNPB/ BPBD menunjuk pejabat sebagai komandan sesuai dengan amanah PP No. 21 Tahun 2008.

Kegagapan dalam penanganan dan ketidakjelasan informasi dalam kondisi darurat bencana dapat menghambat dalam penanganan kondisi darurat bencana. Situasi dan kondisi seperti ini disebabkan oleh belum terciptanya mekanisme kerja Tanggap Darurat yang baik. Keberadaan sistem yang baik akan memudahkan akses untuk memerintahkan sektor dalam hal permintaan dan pengerahan sumberdaya manusia, peralatan, logistik, imigrasi, cukai dan karantina, perizinan, pengadaan barang/jasa, pengelolaan dan pertanggung jawaban atas uang dan atau barang, serta penyelamatan

kegiatan ini dilaksanakan di balai Kalurahan Jerukwudel pada selasa Desember 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 24 orang yang merupakan perwakilan dari 8 padukuhan, kegiatan ini mendatangkan narsumber dari TAGANA dan Bagian Keamanan Kapanewon Girisubo. dalam kegiatan ini juga dibentuk pengurus Tagana Kalurahan Jerukwudel.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung