Peresmian Kampung Keluarga Berkualitas OMPAK SAKA Kalurahan Jerukwudel

Dian Prasetyo 27 September 2023 09:11:06 WIB

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN Kepri memperkenalkan Kampung Keluarga Berkualitas. Kampung keluarga berkualitas merupakan pergantian nama dari Kampung KB

Arahan Presiden Joko Widodo ke BKKBN, perubahan nama dan nomenklatur ini dipertegas dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Kepala Perwakilan BKBBN Kepri mengungkap alasan perubahan nomenklatur itu. Kampung KB adalah bagian dari program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga atau KKBPK 2015-2019 menindaklanjuti salah satu Nawacita Presiden yakni membangun Indonesia dari pinggiran

Tujuan pembentukan Kampung KB ialah meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.kampung keluarga berkualitas ini juga, bukan saja milik BKKBN atau OPD teknis di Kota dan Kabupaten, tetapi milik semua pihak baik OPD pemda maupun swasta.

Kampung Keluarga Berkualitas Kalurahan Jerukwudel berada di Padukuhan Dompol dengan nama OMPAK SAKA, Peresmian ini dihadiri oleh perwakilan Kader dari Setiap Padukuhan, Pamong Kalurahan Jerukwudel, PLKB Kapanewon Girisubo, Perwakilan Dari Kapanewon Girisubo, an iserta Perwakilan dari Puskesmas Girisubo, Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 26 September 2023 di Balai Padukuhan Dompol.

Ompak Saka, merupakan nama Kampung Keluarga Berkualitas yang bersekretariat di Padukuhan Dompol Kalurahan Jerukwudel Kapanewon Girisubo Kabupaten Gunungkidul. Kampung KB Ompak Saka diresmikan oleh Panewu Amom Kapanewon Girisubo Bapak Mugiyanto, S.IP.,MM pada Selasa, 26 September 2023. Hadir dalam peresmian, Lurah Jerukwudel, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Petugas Lapangan Keluarga Berencana Kapanewon Girisubo dan semua pengurus Kampung KB.

Ompak Saka merupakan akronim dari Dompol Kompak Usahaning Kasejahteraan, yang dimaknai dan dijadikan filosofi dari pendirian Kampung KB itu sendiri. Seperti dikemukakan Lurah Jerukwudel FA. Fajar Wijayanto dalam sambutannya, bahwa melalui Kampung KB ini merupakan sebuah ikhtiar yang diharapkan membawa dampak kenaikan kesejahteraan bagi warga masyarakat.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung