Bregada Jaka Sura Kalurahan Jerukwudel

Dian Prasetyo 22 Mei 2023 17:25:00 WIB

  • Salah satu potensi kesenian unggulan yang ada di Kalurahan Jerukwudel yaitu kelompok seni bregada, bernama Bregada Jaka Sura. Bregada Jaka Sura lahir dan terbentuk pada tanggal 10 Agustus 2022 atau bertepatan dengan Rabu Pon, 12 Sura 1956.

Bregada adalah seni budaya diadaptasi dari Prajurit Kraton Ngayogjokarto Hadiningrat, di mana pada zaman dahulu mempunyai fungsi sebagai pasukan prajurit yang melindungi kraton dan wilayahnya dari serangan musuh. Dengan meleburnya Kasultanan Ngayogjokarto Hadiningrat ke dalam NKRI, maka fungsi Bregada berubah menjadi fungsi budaya dan menunjukkan eksistensi dari Kraton itu sendiri. Nama masing-masing Bregaa pun menjadi nama di beberapa wilayah Yogyakarta, sesuai dengan cerita dan legenda masyarakatnya (https://kebudayaan.jogjakota.go.id/)

Dengan beralihnya fungsi Bregada menjadi salah satu kelompok seni masyarakat, maka masyarakat diperbolehkan membentuk paguyuban Bregada sesuai dengan karakter, cerita legenda yang beredar di masyarakat. Selain sebagau fungsi budaya, Paguyuban Bregada juga mencerminkan potensi yang ada di wilayah tersebut.

Sedangkan nama Jaka Sura diambil dari tokoh sentral dalam sejarah terbentuknya kelompok masyarakat yang mendiami wilayah padukuhan Jerukwudel di masa lampau. Jaka Sura diyakini sebagai salah satu punggawa Kerajaan Majapahit yang saat terjadi kekalahan perang beliau melarikan diri ke pinggir laut yang kemudian dikenal masyarakat sebagai Petilasan Jenu (Padukuhan Wonotoro, Kalurahan Pucung, Kapanewon Girisubo).

Bregada Jaka Sura sering kali menjadi pengawal dalam berbagai kegiatan resmi, contohnya Lomba Pengagungan Peringatan HUT RI, pengawal dalam upacara peringatan HUT RI, upacara adat di kalurahan, maupun acara-acara festival baik di Kabupaten maupun Provinsi.

Berikut Profil Singkat Bregada Jaka Sura Jerukwudel

Nama Kelompok : BREGADA JAKA SURA

Alamat Sekretariat : Pudak B RT.003/RW.006 Kalurahan Jerukwudel, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DIY (Koordinat Maps 8.149881,110.775834)

Nama Ketua : SUKIDI

Narahubung : +62 813-9248-3763 (Taufiq Tri Hartanto)

Anggota : 35 orang

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung