Sarasehan Mandiri Budaya Kalurahan Jerukwudel Tahun 2023

Dian Prasetyo 15 Mei 2023 11:17:43 WIB

Pemerintah Kalurahan Jerukwudel melaksanakan Sarasehan Mandiri Budaya Tahun 2023 pada Senin 8 Mei 2023 di Balai kalurahan Jerukwudel. Sarasehan dihadiri oleh Pengurus Lembaga Kalurahan Mandiri Budaya Jerukwudel, Ketua Prima dan Preneur, Pengurus Desa Wisata, serta Pamong Kalurahan.

Tahun 2022 kemarin Kalurahan Jerukwudel mendapatkan SK Gubernur DIY sebagai Kalurahan Mandiri Budaya dimana kemudian diberikan hak untuk mengakses Dana Keistimewaan dengan anggaran sebesar 1 Milyar rupiah. Kemudian anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan panggung terbuka embung rancah, kios umkm, sound systsm, pelatihan budaya, pelatihan pokdarwis, pelatihan prima preneur, penggadaan perlengkapan bergodo, dan tugu penanda padukuhan.

Pada tahun 2023 sekaran, anggaran yang diterima Kalurahan Jerukwudel dari program Kalurahan Mandiri Budaya sejumlah 800.000.000 (delapan ratus juta rupiah). Anggaran ini nantinya akam direalisasikan untuk mendukung kegiatan di tahun 2022 yang lalu sehingga diharapkan dapat menumbuhkan semangat berbudaya pada seluruh warga masyarakat Kalurahan Jerukwudel. 

Program unggulan bagian dari program Kalurahan Mandiri Budaya tahun. ini diantaranya penanaman etika budaya jawa yang dikemas dalam Kampung Jawa guna memberikan edukasi atas tata krama dan berbudaya sebagaimana hal tersebut sudah mulai luntur. Juga nantinya anggaran tahun ini akan digunakan untuk mengembangkan agrobisnis dengan kegiatan budidaya holtikultura, hal ini sejalan dengan persoalan di Kalurahan Jerukwudel yang melihat bahwa pertanian konvensional sudah tidak menguntungkan lagi, sehingga tidak menarik minat para generasi penerus untuk terjun ke bidang pertanian.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung