SELIKURAN

Dian Prasetyo 12 April 2023 09:27:59 WIB

Salah satu upacara adat yang masih lestari berlaku di Kalurahan Jerukwudel yaitu Selikuran. Selikuran merupakan upacara adat umat islam berupa peringatan turunnya Al-Qur’an ke langit bumi sebagai rahmat dari Allah SWT kepada alam semesta atau lebih kita kenal dengan Lailatul Qadr.

Dalam beberapa riwayat, Lailatul Qadr merupakan hak istimewa yang harus dicari oleh kaum muslimin untuk mendapatkan rahmat special berupa keutamaan nilai ibadah hingga berlipat 1000 bulan. Lailatur Qadr sendiri diturunkan dalam 10 hari terakhir bulan ramadhan lebih tepatnya pada malam-malam ganjil yang diyakini oleh mayoritas kaum muslimin. Sehingga untuk memperingati mulai masuknya 10 hari terakhir bulan ramadhan, umat muslim mengadakan sedekah berupa kenduri mengeluarkan makanan berupa nasi dan lauk pauk yang kemudian diikrarkan serta didoakan oleh tokoh agama setempat. Selesai ikrar kenduri, makanan yang dibawa kemudian digunakan untuk berbuka puasa bersama sehingga dapat meningkatkan kerukunan warga dan beragama.

Selamat menunaikan ibadah ramadhan 1444 hijiriyah bagi umat islam di Kalurahan Jerukwudel, semoga diberikan kelancaran dan bisa mendapatkan derajat takwa dihadapan Allah SWT.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung