Universitas Islam Indonesia Kembali Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat

Dian Prasetyo 31 Desember 2022 21:54:49 WIB

Selasa 27 Desember 2022 merupakan hari keberuntungan bagi Pemerintah Kalurahan Jerukwudel, karena kehadiran tamu istimewa dari Perguruan Tinggi Swasta Terbaik se Yogyakarta yaitu Universitas Islam Indonesia (UII) dengan Pimpinan Tim Profesor Jaka Sriyana, SE.,M.Si.,Ph.D. dari Fakultas Bisnis dan Ekonomika yang melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa penyuluhan peningkatan kemampuan pemasaran dan bantuan 20 unit canting cap kepada Kelompok Batik Tunas Mekar-Sekar Kirana Kalurahan Jerukwudel.

Kegiatan PKM tahun ini merupakan kali ketiga secara berturut-turut dilaksanakan di Kalurahan Jerukwudel, yang sebelumnya nyasar Kelompok Tani berupa alat penanam benih dan alat perontok padi kepada 8 kelompok di tiap Padukuhan se Kalurahan Jerukwudel.

Dalam penyuluhan yang disampaikan oleh narasumber, pentingnya membangun kolaborasi antar pihak untuk saling menguatkan dalam mempromosikan dan menjual produk. Sebagai contoh, jika pada saatnya wisata di Kalurahan Jerukwudel bisa berkembang, maka perlu dibuat paket wisata yang di dalamnya termasuk souvenir batik kepada wisatawan, sehingga kelompok tidak perlu secara langsung dan mandiri menjual produknya.

Diharapkan PKM yang dilaksanakan pada tahun ini dapat meningkatkan daya saing kelompok batik Tunas Mekar dan Sekar Kirana di dalam kompetisi batik tulis dan cap dalam rangka melestarikan batik sebagai warisan luhur bangsa dan tentunya sebagai pendongkrak kualitas hidup masyarakat.

Diucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan kepada Pemerintah Kalurahan Jerukwudel, semoga dengan softskill dan cap yang dihibahkan kepada kelompok batik menjadikan berkah keberhasilan bagi semuanya.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung