Gayeng, Jerukwudel Art Festival 2022 Terlaksana Lancar

Dian Prasetyo 30 Desember 2022 23:45:42 WIB

Jerukwudel Art Festival merupakan agenda festival kesenian tahunan yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019 di Padukuhan Karanggede A Kalurahan Jerukwudel Kapanewon Girisubo Kabupaten Gunungkidul. Setelah 2 tahun tidak dilaksanakan karena adanya bencana pandemi Covid-19, akhirnya pada tahun 2022 ini dapat digelar kembali. Kali ini, Jerukwudel dilaksanakan di area Embung Ngrancah, sebelah timur Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) ruas Jerukwudel.

Mengambil tema Parikesit yang merupakan akronim dari Program Aspirasi Menuju Kesejahteraan yang Inovatif dan Terintegrasi, kegiatan Jerukwudel Art Festival (JAF) tahun 2022 ini diselenggarakan bersamaan dengan peresmian Panggung Kesenian Rakyat dan Kios UMKM yang ditujukan sebagai fasilitasi dari Pemerintah Kalurahan Jerukwudel kepada 4 (empat) Pilar yaitu Kelompok Budaya, Kelompok Wisata, Kelompok Preneur, dan Kelompok Pemberdayaan Perempuan. Ada penampilan kesenian lokal diantaranya Bregada Jaka Sura, Jathilan Turangga Saputra, Reyog Pujaran, Gejog Lesung dan Macapat Laras Ati, Tari Tayub Kembang Jeruk, Kethoprak Sigra Budaya dengan Lakon Ledhek, Shalawatan Hadroh Delima, Shalawatan Terbang Ngudi Iman, dan Karawitan Ngudi Laras. Kemudian kesenian dari luar Kalurahan Jerukwudel ada penampilan dari Jathilan Turangga Putra Bedaya dari Kalurahan Bedoyo, Keroncong Pramodha Kalurahan Bejiharjo, Tarian Api dari Fire Dance Jogja, Tarian dari Javron Art Studio Wonosari, Komunitas Adi Shankara Kalurahan Wonosari, dan ditutup dengan Komunitas Kethoprak Gunungkidul dengan lakon Sujiwo Surogo.

Tahun 2022 ini, Pemerintah Kalurahan Jerukwudel menerima anugerah sebagai penerima program Kalurahan Mandiri Budaya dimana program ini diberikan anggaran dari Bantuan Keuangan Khusus Dana Keistimewaan sebesar Rp 1.000.000.000,00 (Satu Milyar Rupiah) dan sebagian besar dialokasikan di lokasi Embung Ngrancah sebagai pusat kolaborasi dari 4 pilar di atas. Secara rinci kegiatan Kalurahan Mandiri Budaya ditahun 2022 ini antara lain, membangun 8 unit papan penanda padukuhan, pelatihan pengelolaan wisata, pembangunan panggung ini beserta sound, kostum dan alat musik bregada, pelatihan manajemen seni kerakyatan, pelatihan untuk kelompok prima, pelatihan kelompok preneur, kios untuk UMKM 65.026.000, dan festival budaya dengan tema JAF 2022.

Terimakasih kepada Yang Terhormat Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Bapak Paniradya Pati Kaistimewan Yogyakarta, Dinas Kebudayaan, Dinas Koperasi dan UKM DIY, Dinas DIY, Dinas Pariwisata, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten Gunungkidul atas perhatian dan pendampingan kepada Pemerintah Kalurahan Jerukwudel sehingga dapat mengakses BKK Dais untuk peningkatan kesejahteraan warga masyarakat.

Diharapkan melalui BKK Dana Keistimewaan ini dapat menjadi sumber kekuatan dalam mewujudkan kemakmuran dalam bingkai peningkatan derajat hidup yang menyentuh langsung warga masyarakat di tingkat Kalurahan dengan program-program yang inovatif dan terintegrasi.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung