Gelegar Gamelan Jogja Istimewa, Peringatan Satu Dasawarsa Undang-Undang Keistimewaan DIY

Dian Prasetyo 10 September 2022 12:51:39 WIB

Tepat pukul 10.10 WIB tanggal 10 September 2022 di Panggung Kesenian Rakyat Kalurahan Jerukwudel yang berlokasi di kawasan Embung Ngrancah dilaksanakan kegiatan Gelegar Gamelan Jogja Istimewa yang merupakan bagian dari Penabuhan Gamelan Serentak Terbanyak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini digagas oleh Paniradya Kaistimewan yang merupakan penutupan Peringatan 10 Tahun Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kalurahan Jerukwudel menjadi salah satu bagian peserta, mengingat status Kalurahan yang sudah menyandang Kalurahan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan dibuka dengan zoom meeting dengan bergabung dengan ceremonial pembukaan oleh Paniradya Kaistimewan dan Kalurahan peserta lainnya se-DIY kemudian dilanjutkan dengan membawakan 2 (dua) gendhing lancaran Jogja Istimewa dan Cahyaning Kaistimewan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian acara ditutup dengan Gending Mars Desa Budaya dan Mars Desa Budaya Jeruwudel.

Hadir dalam kegiatan tersebut seniman karawitan dan wiraswara se Kalurahan Jerukwudel, Bamuskal, Perwakilan Lembaga Kemasyarakatan, Pamong Kalurahan, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas serta anggota Pokdarwis Subotirto.

Pelaksanaan Gelegar Gamelan sengaja dilaksanakan di area Embung Ngrancah sebagai salah satu bentuk promosi wisata dan sekaligus memanfaatkan Panggung Kesenian Rakyat yang telah selesai dibangun dengan anggaran Dana Keistimewaan DIY. Diharapkan pembangunan panggung ini dapat menjadi ikon wisata budaya di Kalurahan Jerukwudel yang nantinya akan berdampak pada peningkatan aktifitas ekonomi dan oemberdayaan bagi warga sekitar sehingga dapat memberikan impact positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

Kegiatan Gelegar Gamelan Jogja Istimewa disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Jerukwudel TV. Silahkan men-subscribe kanal Youtube Jerukwudel TV bagi yang belum, selamat menikmati konten-konten yang ditayangkan, dan membagikan video-video koleksi kami kepada teman saudara maupun kerabat.

Link Gelegar Gamelan Jogja Istimewa: https://youtu.be/DN64HY6_XqY

 

#Jerukwudel #JogjaIstimewa #GelegarGamelan #KalurahanBudaya #Keistimewaan #Danais #DasawarsaUUKeistimewaan

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung