Workshop Batik dari Dinas Kebudayaan DIY bersama PBBI Sekarjagad

Dian Prasetyo 09 April 2022 20:29:56 WIB

Selama 5 hari berturut-turut mulai dari tanggal 21 Maret sampai dengan 25 Maret 2022 Paguyuban Pecinta Batik Indonesia (PPBI) Sekar Jagad melaksanakan workshop Batik di Kalurahan Jerukwudel. Workshop ini merupakan program pendampingan kepada Kelompok Batik Jerukwudel dari Kundha Kabudayan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka pelestarian dan pengembangan warisan budaya berupa batik.

Workshop batik di Kalurahan Jerukwudel didanai dari Dana Keistimewaan, yang diikuti oleh 30 Peserta dan terbagi dalam 5 kelompok, masing-masing mendapatkan pengetahuan teknik membatik cap dan tulis serta kombinasi dari keduanya. Masing-masing teknik mempunyai cara dan kesulitan berbeda yang nantinya akan mempengaruhi hasil akhir.

Selain mendapatkan keterampilan membatik, Kelompok Batik yang mengikuti workshop juga akan mendapatkan peralatan berupa alat produksi mulai dari canting tulis, canting cap, meja cap, kompor, wajan, dan lainnya yang nantinya akan menjadi aset kelompok.

Nantinya diharapkan, batik Jerukwudel dapat meneruskan produksinya, dengan motif unggulan Jerukwudel yang sudah beberapa kali mengikuti pameran. Lebih lanjut, Dinas Kebudayaan DIY berpesan untuk tetap berkomitmen untuk melestarikan batik, dan membuat motif dan produk yang baru sehingga apa yang menjadi mimpi bersama dari batik bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

#Batik

#BatikJerukwudel

#PPBISekarJagad

#Sekarjagad

#Danais

#DanaKeistimewaan

#KalurahanMandiriBudaya

#KundhaKabudayanDIY

#DinasKebudayaanDIY

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung